Jumat, 13 Juli 2012

Memahami Bahasa Indonesia


Memahami Bahasa Indonesia

Berbicara tentang bahasa, semua orang dibelahan dunia pasti memakainya sebagai pengantar suatu pembicaraan, menyampaikan pendapat, untuk berkomunikasi dengan orang lain, dan sebagai penerjemah dari bahasa lain  Bahasa adalah kumpulan dari berbagai kosa kata yang digunakan sehingga setiap orang bisa memakainya untuk digunakan dalam suatu pembicaraan.
Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sangatlah penting. Khususnya bagi warga Indonesia. Namun di Era modern ini penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar jarang kita temukan. Mereka lebih cenderung menggunakan bahasa  yang tidak baku  atau terkadang menggunakan bahasa sehari-hari yang tidak sesuai dengan konteksnya.
Tujuan dari bahasa Indonesia yaitu untuk mempersatu suku bangsa yang berlatar budaya dan bahasa yang berbeda-beda, dapat membedakan bahasa yang satu dengan yang lainnya, menambah wawasan dan sebagai acuan pemakaian bahasa.
            Penggunaan bahasa yang sudah dibakukan secara resmi melalui keputusan pemerintah yang berdasarkan pada penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). dapat membedakan antara bahasa yang baik dan benar dan layak dipakai atau tidak,
            Seiring dengan berjalannya waktu, hari demi hari telah kita lalui bersama di kampus ini, dan selama satu kali pertemuan dalam satu minggu. Tepatnya pada hari senin. Pertama kali tatap muka dengan pak Imam selaku dosen bahasa Indonesia, beliau mulai memperkenalkan dirinya (curriculum vitae), kemudian kami juga memperkenalkan darimana asal sekolah kami. Setelah itu mulai dibentuk kelompok untuk mempresentasikan materi yang akan dibahas selama semester satu ini. Yaitu tentang  fungsi dari  bahasa, penulisan dan pemakaian tanda baca, bentuk dan makna( morfem, fonem, kata, frasa dan pembagian jenis kata) dan diksi (pilihan kata).  Dan masih banyak lagi materi-materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. Sebenarnya kita hanya mengulang pelajaran yang sudah pernah kita pejari selama duduk dibangku sekolah, di bangku kuliah ini kita hanya memperdalam lagi materi-materi tersebut. Namun masih banyak mahasiswa yang secara penuh belum memahaminya.
            Perlu kita ketahui sebagai mahasiswa kita dituntut agar dapat meenggunakan bahasa yang baik dan benar yang sesuai  dengan konteksnya. Misalnya jika kita berada dalam lingkungan kampus, kita sebaiknya dapat menerapkan dan menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam proses belajar mengajar antara mahasiswa dengan dosen. Dan mahasiswa denag mahasiswa.
            Banyak kalangan mahasiswa beranggapan bahwa pelajaran bahasa indonesia  itu sangatlah mudah bahkan mereka cenderung meremehkannya. Karena mereka berfikir bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa sehari-hari yang tidak perlu untuk dipelajari. Bahkan mereka bermalas-malasan untuk mempelajarinya.
Mengapa demikian? Karena mereka mudah terpengaruh oleh bahasa yang datang dari luar. Mereka langsung menerimanya tanpa berfikir dahulu baik tidaknya bahasa tersebut. Ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman kita terhadap
bahasa Indonesia itu.
            Namun adapula orang yang berpendapat bahwa mempelajari bahasa Indonesia lebih sulit dari bahasa asing lainnya.
            Perlu diingat kembali sebagai warga Indonesia seharusnya kita dapat melestarikan dan menjunjung tinggi bahasa peninggalan nenek moyang kita yang hanya tinggal meneruskan dan muwujudkan cita-cita bangsa.

0 komentar:

Label 2

Slider